Background

Change Your Words Change Your World


Ada yang menarik perhatian gue tadi pagi. Pemandangan aneh di pinggir jalan yang hampir tiap hari gue lewatin kalo mau ngampus. Ini juga gue liat ngga sengaja, di pertengahan jalan menuju kampus ponsel gue yang kebetulan gue simpen di saku jaket itu bergetar beberapa kali, awalnya gue diemin aja, seperti biasa, karena gue lagi di jalan. Tapi entah kenapa gue berpikir jangan-jangan itu pesan penting. Siapa tau itu pesan dari beberapa temen gue yang ngabarin kalo perkuliahan hari ini dibatalkan, atau pesan dari dosen yang ngabarin kalo beliau ada urusan mendadak dan bakal datang telat, atau pesan dari mama yang ngingetin gue kalo ternyata hari ini hari minggu, dan lain-lain, dan lain-lain .___. Akhirnya gue mutusin berenti sebentar di pinggir jalan buat buka ponsel. Setelah dibuka, ternyata itu pesan dari temen gue yang nanyain di ruangan mana perkuliahan akan berlangsung (gue aja masih di jalan  -___-) yaahh putus sudah harapan gue yang pengen hari ini ngga ada kuliah...


Ditengah kekecewaan gue setelah buka pesan tadi, terpampanglah pemandangan itu. Di pinggir jalan itu.

Jalannya perlu gue sebutin ngga? Hehe. Ngga perlu ya?
Apa kata lo deh, pi...
Iya, jadi di sana gue liat suatu pemandangan aneh...
Pemandangan apaan buruan kasih tauuuuu
Sabaaaar sabaaaar

Sebenernya keadaan kayak gini kayaknya udah berlangsung lama, cuma gue aja yang baru liat, baru sadar, gue kurang memerhatikan lingkungan sekitar, bukan karena gue ngga perhatian loh ya gimana mau merhatiin, hampir tiap hari gue berangkat buru-buru, di otak gue cuma ada kata “harus ada di kelas sebelum Dosen masuk kelas”. #curhat #ngeles.
Mungkin bagi beberapa orang khususnya bagi orang-orang Indonesia tercinta, kejadian ini udah wajar-wajar aja, ngga asing lagi ditangkep mata. Cuma di daerah sini agak jarang sih gue temuin yang beginian, makanya agak heran nih gue...
Penasaran kaaan apa sebenernya yang gue liat?? Hahahaha
*dijitak*
Oke deh gue kasih tau... 

Perhatikan gambar di bawah ini !

 
Udah diperhatiin?
Udaaaahhh
Cieee mentang-mentang jomblo ga ada yang bisa diperhatiin merhatiinnya gambar sampah cieee *dikeroyok jomblo se-Indonesia*

Oke kalo udah diperhatiin, sekarang gue mau tanya. Ada yang salah ngga dari gambar itu?
Ngga ada??? Duh, curiga mata gue siwer -____-

Ada ada ada ada!!!
Mana mana mana yang bilang ada?? :o mata lo siwer juga? :o *dikeplak*
Semoga pikiran lo serupa tapi tak sama dengan gue, guys .__.
Serupa tapi tak sama?
Iya, udah jangan dibahas -___-

Awalnya gue pikir mata gue yang siwer, soalnya pagi itu gue cukup ngga cukup tidur (bingung bingung dah lo). Iya, mata gue masih rada-rada ngantuk gitu ._. maklum orang sok sibuk. Tapi setelah gue kucek-kucek mata beberapa kali penampakkan di depan gue ngga juga berubah. Itu artinya apa yang gue lihat adalah nyata, bukan buaian, bukan fatamorgana. Virus syahrini nih...

Terus masalah buat lo, pi? Yaelaaahh, masih aja nanya. Bukan buat gue doang kaleeeeee. Buat elo, temen-temen elo, orang tua lo, anak-anak lo nanti beserta cucu-cucunya, dll. Yaaaa, lo bayangin aja kalo sampah plastik numpuk begitu lama-lama jadi begimana -____- (harap maklum, you know lah gue selalu mikir kejauhan. Tapi ini realistis sekali loh)

Yang bikin gue heran sebenernya bukan sekadar masalah sampah numpuk, kalo sampah numpuk sih di TV juga gue sering liat -____-
Jadi sebenernya apa yang bikin lo heran, pi????
Belum ngeh juga rupanya -___- coba perhatiin lagi  gambarnya subuuuurrr!!! *gebrag meja ala Arya Wiguna* *dikeplak*

Kalo ada yang belum nemu juga keanehan atau kejanggalan atau apapun namanya di gambar tadi, nih gue kasih tau. Coba perhatiin tulisan di papan yang ditempel di dahan pohon itu, BACA! Terus lo liat sekelilingnya. LIHAT! Sangat tidak bersinergi dan tidak konsisten -___- dan setelah diperhatiin, itu sampah ngumpulnya emang tepat sekitar 3 meter dari depan, belakang, kanan, kiri, dari papan yang bertuliskan “dilarang buang sampah” lewat 3 meter dari situ, bersih ngga ada sampah. Itu larangan yang terang-terangan dibalas pelanggaran yang terang-terangan juga. Berasa disuruh gitu kali ya kalo dilarang tuh, dasar manusia -___- jadi inget keponakan gue jadinya.

Gue pernah denger ungkapan katanya “peraturan ada untuk dilanggar” dari temen-temen SMA gue dulu yang rambutnya gondrong-gondrong, yang sering bolos, yang sering bawa-bawa rokok ke Sekolah, dan kawan-kawannya. Tentu gue ngga setuju dong, menurut gue, jelas peraturan dibuat untuk membuat hidup menjadi lebih teratur. Tsaaahhh.

Gue juga jadi keingetan video yang pernah diputer Dosen gue, Pak Dede, kata-kata terakhir yang jadi pesan di video itu persis kayak judul postingan ini, “Change Your Words Change Your World” iya, judul postingan ini emang terinspirasi dari video itu. Ini dia videonya.

Saran gue mendingan lo klik dan liat dulu videonya, abis itu baru deh lanjutin baca postingan guenya.
Silahkan, gue kasih waktu 3 detik :p

Udah diklik? Udah diliat isi videonya?
Udaaaahhh
Bagus bagus, nurut juga ya lo sama gue. Hahaha

Apa yang lo pikirin setelah liat video tadi? Jangan bilang elo malah mikirin gue -___-
Pedeeeeeeeeee
Gue juga geli sebenernya ngetik kayak barusan =.=

Kembali ke topik utama, apa yang lo pikirin setelah liat video tadi?
Ya! Sama banget sama yang gue pikirin!
Emang apaan? 
Iya kan? Hal baik terjadi setelah kita mengubah kata-kata!! Sederhana, tapi pengaruhnya luar biasa kan?
Sesuatu yang ngga menyenangkan sekalipun, ketika diucapkan dengan kata yang positif bisa membawa pengaruh yang berbeda. kenapa tadi gue jadi keingetan keponakan gue? karena ini sering kejadian sama keponakan gue, kalo orang tuanya ngelarang jangan ini-jangan itu dia malah makin menjadi, berasa kayak disuruh gitu, gue yakin ngga cuma keponakan gue yang begitu -___- beda lagi kalo dinasehatin baik-baik tanpa kata “jangan, ga boleh, dan kawan-kawannya”, dia jadi gampang nurut. Dari sini gue sadar, kata-kata yang diucap itu akan membawa perubahan baik atau buruk. Tentu yang kita harepin perubahan positif dong, minimal perubahan di diri sendiri, sukur-sukur kalo bisa bikin perubahan di diri orang lain, dan bukan ngga mungkin kata-kata positif yang sederhana bisa membuat perubahan di negeri kita tercinta, Indonesia, bahkan dunia. Masuk akal banget sih menurut gue.

NAH!! Mungkin kata-kata atau tulisan di papan pada gambar yang gue tunjukkin tadi akan lebih baik jika diubah menjadi kata yang lebih positif.  Kata “Dilarang Buang Sampah” kalo diliat sepintas sih emang baik-baik aja, tapi bisa diliat sendiri hasilnya, sampah bertebaran. Kata “Dilarang Buang Sampah” bisa diubah jadi kata yang lebih positif misalnya “Buang Sampah pada Tempatnya” atau “Bersih itu Sehat” atau “Cintai Bumi Kita” dan sebagainya, menurut gue itu bisa dicoba --,

So, CHANGE YOUR WORDS CHANGE YOUR WORLD. Berpikirlah hanya yang positif. Bicaralah hanya yang positif. Dengan begitu kita akan merasakan yang positif pula. Dimulai dari mana? Dari diri sendiri. Asik.




2 komentar:

  1. Blognya bagus banget. Semoga yang baca artikel ini bisa mendapat manfaatnya, termasuk pembacanya. Heheee. Perubahan yang kecil bisa menjadikan hasil yang besar.

    BalasHapus

Tambahkan komentar