Background

Jadi Mahasiswa Keguruan ?

Jadi bagian dari mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebenernya ngga pernah gue bayangin sebelumnya. Gue ngga pernah bercita-cita jadi Guru atau apapun yang kerjanya ngajar, ngedidik anak-anak, atau apalah namanya (padahal nantinya gue juga bakal ngedidik anak-anak gue, iya, belum kepikiran). Kenapa? Pertama, karena gue ngga ngerasa punya bakat di bidang itu. Gue ngga cukup sabar ngadepin anak-anak. Kedua, gue emang ngga mau jadi Guru, itu terlalu mudah, menurut gue, dulu .__.

Jadi Cita-cita lo apa , pi?
Jaman pra-sekolah sampe TK, seperti kebanyakan anak-anak, gue kecil bercita-cita jadi Dokter. Mainstream banget ya -___-

Tapi semuanya mulai berubah sejak negara api menyerang gue lulus TK dan mulai menapaki kehidupan SD, gue pengen banget jadi Astronot. Pertama kali gue tau kalo planet Bumi adalah planet ketiga di Tata Surya, dan setiap planet itu punya satelite masing-masing yang jumlahnya kadang lebih dari satu, sampe gue tau kalo komet Halley itu muncul 76 tahun sekali, dan segala tetek-bengek lainnya yang ada di sistem Tata Surya. Gue begitu tertarik! Sampai akhirnya gue meyakinkan diri, gue mau jadi Astronot! *santai, pi. santaaaii...*

Tapi semakin gue beranjak remaja, gue merasa cita-cita gue yang pengen jadi Astronot itu rada-rada mahiwal, ngga tau mahiwal? itu Bahasa Jerman (jangan percaya). Yah.. agak kurang realistis gitulah .__. (ini jangan ditiru nih, pesimistis)
Lulus SMP, berbekal dorongan pergaulan dan obrolan keluarga gue pindah haluan, gue jadi pengen berkarier di bidang Kesehatan. Yaaa... antara jadi Perawat atau Bidan (bukan Dokter, yee). Gue sempet ngotot pengen sekolah di SMK Kesehatan. Tapi berhubung orang tua gue terlalu sayang sama gue *asik* gue ngga diijinin sekolah jauh-jauh dari rumah, alhasil gue tetep sekolah di SMA yang tetanggaan sama rumah gue dan terdampar di jurusan Kuningan-Jakarta IPA  -____-

Masa-masa menjelang kelulusan SMA inilah yang paling bikin gue stress. Coba bayangin tampang gue kayak gimana.. *ogah, males amat -_-*
Mau tau kenapa? Mau kan? Mau aja sih... kalo gamau, pura-puranya mau deh... yayayaaa.. #maksa
Jadi, gue ini adalah tipe orang yang gamau jadi biasa-biasa aja, ingin selalu menonjol, pengen diliat keren dan dibilang hebat, karena emang faktanya kemampuan gue begitu membanggakan sih.. *dikeplak*
Yaahh.. Gue pengen kuliah jurusan favorit di Universitas yang punya nama. Belagu banget kan? -____-
*Universitas yang ngga punya nama itu universitas yang belum jadi ya, Pi?*
-__- maksud gue, di Univesitas yang paling ngga peringkat 5 besar di Indonesia lah... Parah banget kan belagunya, jangan benci gue ya -___- *dirajam*

Waktu itu gue emang banyak ditawarin masuk ke beberapa Universitas yang gue mau sama guru-guru SMA gue, gue mau banget. Jarang-jarang kan ditawarin kuliah di Universitas ternama, GRATISSSS pula! Bedeeehh gimana ngga ngiler tuh. Gue udah seneng banget, udah pengen cepet-cepet pulang ngabarin orang tua gue. Kebetulan waktu itu salah satu Universitas yang ditawarin ke gue bertengger *dikata ayam kali* di daerah Bogor. Tapi begitu gue cerita sama ortu, mereka malah ngga ngijinin gue -_- gue kecewa. Yah katanya mendingan gue kuliah di daerah Jawa aja. Padahal kita (gue sama orang tua gue) juga waktu itu tinggal di Jawa, Jawa Barat. Bogor juga di Jawa kan, Jawa Barat -__- ternyata Jawa yang dimaksud oleh ortu gue itu adalah daerah-daerah Jawa Tengah-Jawa Timur, karena biaya hidup di sana lumayan agak miring daripada di Bogor, KATANYA. Setelah perang ideologi yang menghabiskan waktu hampir seabad menurut WIG alias Waktu Imajinasi Gue, Okelah, gue nurut walaupun dalem hati nyesek *ngelus dada ngucek mata*

Beberapa minggu berlalu lalang, datang lagi tawaran dari guru SMA gue, namanya Pak Budi. Dia guru Matematika gue. Kali ini dia nawarin beasiswa Universitas di Yogyakarta. Gue mau dong! Optimis banget kali ini pasti orang tua gue setuju dan dukung gue buat kuliah di sana. Jogja kan daerah Jawa meeeen.. *ngarep sengarep-ngarepnya*
Tapi takdir berkata lain, ortu gue tetep ngga ngijinin gue kuliah di sana. Gue ngerasa dibohongin, diPHP-in. Gue depresi akut. Kemaren bilangnya gini, sekarang malah ngga gini. Gue bener-bener stress banget waktu itu, ngga tau maunya ortu gue itu apa sebenernya, doyan banget bikin gue stres dan galau. Guru gue, terutama Pak Budi juga sampe ikutan galau karena udah beberapa Universitas ditawarin tapi gue gamau lagi-gamau lagi. Sebenernya gue mau, ortu gue yang ngga mau -___-
Dan ngga cuma dua Universitas itu yang ditawarin, masih ada beberapa lagi. Tapi udahlah gue skip aja daripada daripada ya kan. *apa sih*

HAAAAHHH, gara-gara nulis ini gue jadi mengenang lagi dan gue nyesek lagi -___- *oksigen mana oksigen*
*tarik napas-buang*
*tarik napas-buang*
Okeh..
Singkat cerita, kelulusan berlalu lalang dan gue jadi lebih sering makruh ngga jelas karena masa depan gue yang belum jelas juga -____- ternyata ortu pengen gue kuliah di Universitas yang ngga jauh-jauh dari rumah *seperti biasa, ternyata ngga pernah berubah* biar gue bisa PP alias pulang-pergi, ngga perlu ngekost, dengan begitu mereka ngga perlu terlalu takut gue salah bergahol. Ya! Intinya emang itu! Mereka terlalu khawatir gue salah bergahol lalu terjerumus ke dalam jurang pergaholan yang ngga bener. Daaaaaan mereka mau gue jadi Sarjana Pendidikan. Gue tertohok!

Singkat cerita, akhirnya gue daftar di Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon yang berdasarkan letak geografisnya emang ngga jauh-jauh amat dari rumah gue yang bertengger di Kuningan. Tapi setelah hampir 3 tahun gue pulang-pergi Kuningan-Cirebon via kuda besi karena kuda poni gue ngga punya, gue ngerasa lebih sering makan angin dibanding makan nasi -_- . Tadinya gue mau ngambil jurusan Seni, tapi ternyata ngga ada jurusan itu di calon kampus gue tersebut, hahaha. Alhasil gue pilih jurusan Matematika. JEGEERRRR!!! *suara petir*
*tarik napas*

Kalo dipikir-pikir idup gue ternyata berliku juga ya! HAHAHAAA..uhuk! *keselek biji duren*
Setelah hampir 3 tahun gue jadi mahasiswa Pendidikan Matematika ini, temen-temen deket gue jadi jarang tanya-tanya kenapa tampang gue dari hari ke hari semakin menyerupai bilangan cacah. Mereka juga jadi ngga terlalu heran kalo gue sering aneh, karena mungkin otak gue udah mulai keriting serupa cacing-cacing integral yang mendunia itu, pikir mereka.

TAPI, satu yang paling penting, gue ngga nyesel tersesat di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika ini (walaupun di awal-awal gue rada dongkol juga). Lo ngga tau kan gimana rasanya kalo elo ngadepin sendiri anak yang tadinya ngga tau apa-apa jadi tau banyak hal, anak yang tadinya ngga ngerti jadi ngerti, anak yang tadinya ngga bisa jadi bisa, itu semua karena elo yang ngajarin dia? Rasanya itu BEDEBAHH SENENG BANGGA LUARRR BINASA!! Oke lebay, tapi gue serius. Mungkin ini yang guru-guru gue rasain waktu ngajarin gue dulu :3
Aduh, satu lagi, teryata jadi Guru itu ngga semudah yang gue bayangin dulu. Ngadepin berbagai karakter anak dalam satu kelas yang udah pasti berbeda-beda karakter, gimana caranya menarik perhatian mereka biar ilmu yang ditransfer itu melekat di otak dan hati mereka. Ya! Guru harus menggunakan PIKIRAN dan HATI. Tsaaaahh.
Mengutip kata Dosen gue, Prof. Mien, yang kurang lebih begini katanya : "Semua orang mungkin bisa mengajar, tapi tidak semua orang bisa jadi Guru. Yang belajar aja susah, apalagi yang ngga belajar." Guru di sini maksudnya adalah Guru Professional
Aduh hampir lupa, satu lagi, gue tetep ngerasa keren. Hahaha *diguyur*
*tarik napas-buang*
*tarik napas-buang*
*tarik napas-buang*

Segitu aja dulu deh ya, lain kali empang sungai laut samudera gue sambung lagi. Tapi sebelum gue akhiri, ijinkan gue berkalimat sedikit lagi: Hidup itu penuh kejutan dan bener-bener ngga bisa ditebak. Jadi, jangan suka main tebak-tebakkan jalani dan nikmati saja sensasinya.

Leave a Reply

Tambahkan komentar