Tentang PPL
“...yang harus kita pikirkan
adalah bagaimana cara kita mengubah barang rongsokan menjadi emas...”, kutipan
dari Kepala Sekolah tempat gue ditugaskan oleh negara kampus (red: PPL).
Melihat cara pandang dan cara pikir orang tua jaman sekarang yang kebanyakan
“negeri minded”, sekolah tempat gue PPL ini adalah sekolah swasta, di bawah
naungan Yayasan. Yayasan besar yang ngga tanggung-tanggung sih, emang besarnya
itu GEDE banget menurut gue. Gak perlu gue jabarin disinilah ya. Iya gue tau
elo pegel kan bacanya?
Nah, karena “negeri minded”
itulah sekolah-sekolah swasta terutama SMA ini jadi kurang peminatnya. Kalaupun
ada yang daftar kesitu, itu pasti pilihan terakhir dari beberapa pilihan akhir
-__- . Pokoknya mau bagus mau jelek yang penting sekolah negeri. Begitulah
kira-kira pemikiran dari penganut asas negeri minded. Alhasil, you know lah ya apa korelasi dari
ini dan kutipan di awal tadi? SIP!!! CERDASSS!! Buat elo yang bisa nyimpulin
itu artinya elo cerdas!!
Awal gue dibebani tugas negara
ini, awal gue menginjakkan kaki di gedung sekolah itu, gue heran sih gedung
sebesar itu, fasilitas lengkap, tapi siswanya cuma ada 5 kelas. Sungguh tragis.
Paling gue cuma kebagian ngajar di satu kelas, baguslah jadi gue gak perlu
ngafalin banyak nama siswa, ngehandlenya juga pasti lebih gampang. Haha. Pikir
gue waktu itu. *jangan ditiru*
Daaaaaaaan perkiraan gue bener,
gue ditugaskan untuk berbagi ilmu sama kelas XI IPA. Ya, satu kelas saja. Kelas yang bener-bener luar biasa. Kenapa ??
Karena ... *speecless* lewat dulu deh nanti juga lo tau jawabannya...
Gue sempet protes dalem hati
kenapa gue ditempatin di sini. Sebenernya pihak kampus ngebaginya berdasarkan
apa sih? IP gue lumayan jangkung, yang dibawah gue juga banyak, kenapa mereka
pada ditempatin di sekolah-sekolah negeri, gue ngga? KENAPAAAA???? *teriak
ditengah hujan badai* oke lebay.
Minggu-minggu pertama, gue shock
-_-
Temen-temen gue pada galau karena
muridnya banyak yang lebih jago dari pada mereka, mereka keabisan soal, mereka
ngga bisa jawab pertanyaan dari muridnya, dll sedangkan gue galaunya beda,
gimana caranya supaya anak-anak gue itu mau dan semangat belajar. Perlu
dicatat, mereka (anak-anak gue) ini sangat-sangat cuek sama pelajaran. Sangat
pintar cari perhatian (red: banyak tingkah). Dan sangat kompak! Pernah suatu
kali guru BK di sekolah itu keluar dari kelas XI IPA sambil nangis. Kenapa
coba??? Karena dicuekin. Entah gimana caranya. Keren kan.
Setelah dilakukan pendekatan-pendekatan,
ternyata kebanyakan dari mereka itu anak-anak bermasalah, anak-anak broken
home, kurang perhatian orang tua. Miris, kasian. Gak habis pikir sih gue,
kebetulan gitu pada ngumpul di satu sekolah? Ckckck, takdir.
Beberapa minggu belajar
matematika bareng gue, mirip-mirip ngajarin Play Grup sih, gue perhatiin
satu-satu, gue samperin, gue tanyain, mereka mulai ngerespon positif. Bener
kata pepatah, ngga ada manusia yang bodoh, yang ada adalah manusia yang malas
belajar. Mereka bisa kok kalo bener-bener belajar. Satu hal yang gue pelajari
adalah, setiap orang pasti seneng kalo diperhatiin, apalagi anak-anak yang
emang kurang perhatian dari orang rumah. Satu lagi, umur-umur segitu itu emang
lagi susah-susahnya buat ngikutin aturan, mereka ngerasa ragu, malu, ngga pede
kalo mau ngikutin aturan, ditambah lagi di lingkungannya itu emang kebanyakan
pada ngelanggar aturan. Jadi, kalo dia sendiri yang taat aturan, dia pasti
dicap aneh -_- bener-bener jaman yang aneh.
Selama hampir tiga bulan gue ngajar
di sana. Hari-hari terasa begitu berat ketika besoknya gue ada jadwal ngajar. Padahal
setelah ketemu hari H nya sih semuanya berjalan lancar-lancar aja, paling ada
kerikil-kerikil sedikit. Yang gue takutin cuma satu, gue takut dicuekin -___-
ketika gue presentasi terus gue diperhatiin, pede gue meningkat, kebalikannya,
kalo ga ada yang merhatiin alias semua pada nyuekin gue, gue bisa pingsan di
tempat kali, keringet dingin everywhere~ begitulah gue -__-
Dan diperhatiin mereka (anak-anak
gue) itu adalah hal baik banget buat gue guys ._. karena sama gurunya sendiri
yang udah lama kerja di situ aja mereka berani apalagi sama gue yang cuma guru
PPL -_- . Apalagi pas ulangan harian, gue kasih satu soal yang agak-agak aneh
sama mereka. Ada satu anak yang bisa ngerjain, dan jawabannya itu tepat! Gue seneng
banget banget banget! Walaupun cuma satu orang, seengganya ilmu yang gue tularkan
sampe hampir berbusa mulut gue itu ada yang nyangkut di otak :D serius seneng
banget.
Okelah bilang aja gue lebay,
bilang aja “itu mah belum apa-apa” misalnya, bilang aja “hah? Satu orang doang?
” misalnya. Terseraaaahhh :p sini cobain kalo berani (--,)
Daaaann setelah PPL berakhir
ternyata kebiasaan-kebiasaan pas PPL di sana itu ngangenin :3 dari yang ngajar
di kelas, ngoprek-ngoprek anak yang pada betah banget di kantin pas jam pelajaran,
ngejar-ngejar anak yang pada kabur sampe kaki pada pegel karena naik-turun
tangga 4 lantai, ngawasin mereka ujian yang ternyata kalo diliat di posisi
pengawas itu keliatan banget kalo diantara mereka ada yang nyontek haha,
semuanya ngangenin.
Ngga cuma itu, sebenernya banyak
banget yang bagus buat diceritain, tapi gue susah ceritainnya. Satu blog juga
ngga akan cukup buat nampung cerita gue kayaknya :D
Maaf juga kalo ceritanya
sebagian-sebagian dan kurang nyambung antara paragraf satu dengan yang lainnya.
Karena waktu nulisnya gue kabanyakan bayangin ulang kejadian-kejadiannya
dibandingin menarasikan dan mendeskripsikannya lewat tulisan -_-.
Pada akhirnya ngga ada yang harus
gue sesalin karena ditempatin PPL di SMA itu. Awalnya gue ngerasa sial dan
sempet mikir gue punya dosa apa??? Sekarang gue ngerasa beruntung ditempatkan
di situ. Karena ngga semua orang bisa ngerasain apa yang gue rasain ketika jadi
guru PPL, haha. SMA yang gue tempatin itu emang tempat yang tepat buat PPL PPL
sih, menurut gue. Satu lagi, rasa bangga gue sama guru-guru di SMA tersebut
yang kebanyakan guru-guru muda. Bukan kepingan uang yang jadi tujuan utama, melainkan
mengubah barang rongsokan menjadi emas seperti kata Kepsek. Asik.