Background

Tentang PPL


“...yang harus kita pikirkan adalah bagaimana cara kita mengubah barang rongsokan menjadi emas...”, kutipan dari Kepala Sekolah tempat gue ditugaskan oleh negara kampus (red: PPL). Melihat cara pandang dan cara pikir orang tua jaman sekarang yang kebanyakan “negeri minded”, sekolah tempat gue PPL ini adalah sekolah swasta, di bawah naungan Yayasan. Yayasan besar yang ngga tanggung-tanggung sih, emang besarnya itu GEDE banget menurut gue. Gak perlu gue jabarin disinilah ya. Iya gue tau elo pegel kan bacanya?

Nah, karena “negeri minded” itulah sekolah-sekolah swasta terutama SMA ini jadi kurang peminatnya. Kalaupun ada yang daftar kesitu, itu pasti pilihan terakhir dari beberapa pilihan akhir -__- . Pokoknya mau bagus mau jelek yang penting sekolah negeri. Begitulah kira-kira pemikiran dari penganut asas negeri minded.  Alhasil, you know lah ya apa korelasi dari ini dan kutipan di awal tadi? SIP!!! CERDASSS!! Buat elo yang bisa nyimpulin itu artinya elo cerdas!!
Awal gue dibebani tugas negara ini, awal gue menginjakkan kaki di gedung sekolah itu, gue heran sih gedung sebesar itu, fasilitas lengkap, tapi siswanya cuma ada 5 kelas. Sungguh tragis. Paling gue cuma kebagian ngajar di satu kelas, baguslah jadi gue gak perlu ngafalin banyak nama siswa, ngehandlenya juga pasti lebih gampang. Haha. Pikir gue waktu itu. *jangan ditiru*

Daaaaaaaan perkiraan gue bener, gue ditugaskan untuk berbagi ilmu sama kelas XI IPA. Ya, satu kelas saja. Kelas yang bener-bener luar biasa. Kenapa ?? Karena ... *speecless* lewat dulu deh nanti juga lo tau jawabannya...

Gue sempet protes dalem hati kenapa gue ditempatin di sini. Sebenernya pihak kampus ngebaginya berdasarkan apa sih? IP gue lumayan jangkung, yang dibawah gue juga banyak, kenapa mereka pada ditempatin di sekolah-sekolah negeri, gue ngga? KENAPAAAA???? *teriak ditengah hujan badai* oke lebay.

Minggu-minggu pertama, gue shock -_-

Temen-temen gue pada galau karena muridnya banyak yang lebih jago dari pada mereka, mereka keabisan soal, mereka ngga bisa jawab pertanyaan dari muridnya, dll sedangkan gue galaunya beda, gimana caranya supaya anak-anak gue itu mau dan semangat belajar. Perlu dicatat, mereka (anak-anak gue) ini sangat-sangat cuek sama pelajaran. Sangat pintar cari perhatian (red: banyak tingkah). Dan sangat kompak! Pernah suatu kali guru BK di sekolah itu keluar dari kelas XI IPA sambil nangis. Kenapa coba??? Karena dicuekin. Entah gimana caranya. Keren kan.

Setelah dilakukan pendekatan-pendekatan, ternyata kebanyakan dari mereka itu anak-anak bermasalah, anak-anak broken home, kurang perhatian orang tua. Miris, kasian. Gak habis pikir sih gue, kebetulan gitu pada ngumpul di satu sekolah? Ckckck, takdir.

Beberapa minggu belajar matematika bareng gue, mirip-mirip ngajarin Play Grup sih, gue perhatiin satu-satu, gue samperin, gue tanyain, mereka mulai ngerespon positif. Bener kata pepatah, ngga ada manusia yang bodoh, yang ada adalah manusia yang malas belajar. Mereka bisa kok kalo bener-bener belajar. Satu hal yang gue pelajari adalah, setiap orang pasti seneng kalo diperhatiin, apalagi anak-anak yang emang kurang perhatian dari orang rumah. Satu lagi, umur-umur segitu itu emang lagi susah-susahnya buat ngikutin aturan, mereka ngerasa ragu, malu, ngga pede kalo mau ngikutin aturan, ditambah lagi di lingkungannya itu emang kebanyakan pada ngelanggar aturan. Jadi, kalo dia sendiri yang taat aturan, dia pasti dicap aneh -_- bener-bener jaman yang aneh.

Selama hampir tiga bulan gue ngajar di sana. Hari-hari terasa begitu berat ketika besoknya gue ada jadwal ngajar. Padahal setelah ketemu hari H nya sih semuanya berjalan lancar-lancar aja, paling ada kerikil-kerikil sedikit. Yang gue takutin cuma satu, gue takut dicuekin -___- ketika gue presentasi terus gue diperhatiin, pede gue meningkat, kebalikannya, kalo ga ada yang merhatiin alias semua pada nyuekin gue, gue bisa pingsan di tempat kali, keringet dingin everywhere~ begitulah gue -__-

Dan diperhatiin mereka (anak-anak gue) itu adalah hal baik banget buat gue guys ._. karena sama gurunya sendiri yang udah lama kerja di situ aja mereka berani apalagi sama gue yang cuma guru PPL -_- . Apalagi pas ulangan harian, gue kasih satu soal yang agak-agak aneh sama mereka. Ada satu anak yang bisa ngerjain, dan jawabannya itu tepat! Gue seneng banget banget banget! Walaupun cuma satu orang, seengganya ilmu yang gue tularkan sampe hampir berbusa mulut gue itu ada yang nyangkut di otak :D serius seneng banget.
Okelah bilang aja gue lebay, bilang aja “itu mah belum apa-apa” misalnya, bilang aja “hah? Satu orang doang? ” misalnya. Terseraaaahhh :p sini cobain kalo berani (--,)

Daaaann setelah PPL berakhir ternyata kebiasaan-kebiasaan pas PPL di sana itu ngangenin :3 dari yang ngajar di kelas, ngoprek-ngoprek anak yang pada betah banget di kantin pas jam pelajaran, ngejar-ngejar anak yang pada kabur sampe kaki pada pegel karena naik-turun tangga 4 lantai, ngawasin mereka ujian yang ternyata kalo diliat di posisi pengawas itu keliatan banget kalo diantara mereka ada yang nyontek haha, semuanya ngangenin.

Ngga cuma itu, sebenernya banyak banget yang bagus buat diceritain, tapi gue susah ceritainnya. Satu blog juga ngga akan cukup buat nampung cerita gue kayaknya :D

Maaf juga kalo ceritanya sebagian-sebagian dan kurang nyambung antara paragraf satu dengan yang lainnya. Karena waktu nulisnya gue kabanyakan bayangin ulang kejadian-kejadiannya dibandingin menarasikan dan mendeskripsikannya lewat tulisan -_-.

Pada akhirnya ngga ada yang harus gue sesalin karena ditempatin PPL di SMA itu. Awalnya gue ngerasa sial dan sempet mikir gue punya dosa apa??? Sekarang gue ngerasa beruntung ditempatkan di situ. Karena ngga semua orang bisa ngerasain apa yang gue rasain ketika jadi guru PPL, haha. SMA yang gue tempatin itu emang tempat yang tepat buat PPL PPL sih, menurut gue. Satu lagi, rasa bangga gue sama guru-guru di SMA tersebut yang kebanyakan guru-guru muda. Bukan kepingan uang yang jadi tujuan utama, melainkan mengubah barang rongsokan menjadi emas seperti kata Kepsek. Asik.

Leave a Reply

Tambahkan komentar